Berani Menghimpit, Kunci Kemenangan Soton Atas Chelsea

Berani Menghimpit, Kunci Kemenangan Soton Atas Chelsea

Southampton sukses mempermalukan Chelsea di hadapan pendukungnya sendiri. Manajer Soton, Ronald Koeman, menyebut kemenangan itu didapatkan dengan dual hal: menekan dan irama yang tepat.

Bermain di Stamford Bridge, Sabtu (3/10/2015) malam WIB, Soton memetik kemenangan 3-1 atas Chelsea. The Saints sempat tertinggal di awal babak pertama tapi kemudian mampu membalikkan keadaan di babak kedua.

Soton teringgal lebih dulu di menit kesepuluh dengan gol Willian. Tapi kemudian bisa menyamakan kedudukan di akhir babak kedua. Dua gol lagi diceploskan Soton di babak kedua.

Statistik menunjukkan Soton kalah dalam ball possesion dengan rasio 39:61. Tapi Soton membuat lebih banyak peluang dengan 13 tembakan dan lima di antaranya yang tepat sasaran. Sementara, Chelsea bisa membuat 10 peluang dengan hanya tiga yang shot on target.

“Kami mendapatkan kepercayaan diri yang kami butuhkan pada kemenangan itu. Jika kami bisa menunjukkannya saat menghadapi Chelsea, kami mampu untuk menunjukkannya lagi terhadap tim-tim lain,” kata Koeman seperti dikutip Sports Mole.

“Kami memulai pertandingan tadi dengan sedikit kesulitan, tapi kami mampu comeback dan menjadikan kedudukan imbang 1-1 dengan gol yang memuaskan. Perbedaan memang terjadi setelah kami keluar dari ruang ganti, bisa menekan Chelsea dan membuat pergerakan yang pas.

“Menurut saya kami memang layak mendapatkan tiga poin malam ini. Mungkin kalau mereka mendapatkan satu penalti, maka kami layak dapat dua. Begitulah keputusan wasit.

“Kami mempunyai pengalaman ketinggalan 0-1. Kami tetap optimistis dan menjelang turun minum kami harus bisa lebih baik. Kami berusaha memainkan bola yang bagus dan sepakbola menyerang karena kami yakin begitulah sepakbola,” jelas dia.

Dengan kemenangan itu, Soton ada di peringkat kesembilan papan klasemen sementara Liga Inggris dengan nilai 12 poin. Mereka juga memaksa Chelsea mendekam di urutan ke-16 alias hanya dua trap dari zona degradasi.