Gaya Klopp Diklaim Mulai Terlihat di Liverpool Setelah 3 Hasil Seri

Gaya Klopp Diklaim Mulai Terlihat di Liverpool Setelah 3 Hasil Seri

Liverpool – Liverpool masih tanpa kemenangan setelah ditangani Juergen Klopp. Tetapi ada indikasi positif karena gaya main yang diinginkan Klopp diklaim mulai tampak.

Pada akhir pekan Liverpool sempat memimpin atas Southampton di Anfield sebelum akhirnya tim lawan menyamakan kedudukan ketika pertandingan menyisakan empat menit di waktu normal.

Dengan demikian maka The Reds kini sudah menuai tiga hasil seri saat ditangani Klopp; yang pertama di markas Tottenham Hotspur (0-0) di Premier League, lalu 1-1 saat menjamu Rubin Kazan di Europa League, dan kemudian 1-1 lawan Southampton.

Pepijn Lijnders, salah satu pelatih di Liverpool, tidak menyembunyikan rasa kecewa pihaknya atas hasil seri teranyar itu. Namun, tetap ada hal-hal positif yang bisa diambil.

“Mengecewakan dalam arti bahwa Juergen sudah datang dengan ide main yang jelas dan Anda pun bisa melihat dalam latihan bahwa permainan kami mulai berevolusi, bahwa tim sudah mulai menemukan kesamaan pandangan. Kemudian Anda juga dapat melihat bahwa para pemain sudah menerapkan ide itu, bahwa mereka berupaya lebih efisien dan padu dalam beberapa hal. Dan kemudian lahirlah gol! Dalam momen yang sudah sempurna itu, ketika mendekati akhir, dan ada pikiran akhirnya akan (menang) di Anfield,” tutur Lijnders di laman web situs Liverpool.

“Tentu cara stadion bereaksi terasa seperti kelegaan karena kami tahu sudah banyak main seri, kami tahu kami adalah tim yang lebih banyak mengalirkan bola ke daerah lawan, bahwa kami merupakan tim yang lebih aktif, yang pegang kendali. Maka mengecewakan ketika akhirnya kebobolan gol dan terutama dari sebuah umpan silang atau bola mati, itu mungkin cara satu-satunya mereka bikin gol di 15 menit akhir. Itu mengecewakan, kami semua merasa begitu, dan itu hal bagus karena memperlihatkan perasaaan kami, tahu bahwa kami adalah tim bagus dan main lebih baik,” lanjutnya.

Seiring dengan hal tersebut Lijnders juga menyatakan keyakinannya bahwa kemajuan di bawah arahan Klop sudah mulai terlihat, utamanya mengenai keseimbangan ketika menyerang, counter-pressing, dan usaha segera merebut kembali bola. Dijelaskannya, saat ketiga aspek itu sudah terus berkombinasi dengan lebih baik maka Liverpool secara reguler akan bisa tampil sesuai keinginan Klopp, yaitu main lebih maju ke depan ke arah pertahanan lawan.

“Tentu saja seperti biasa masih ada banyak hal yang harus dipoles, tapi jika Anda bertanya hal-hal yang berusaha diimplementasikan (Klopp) maka saya pikir Anda dapat ketiga hal itu dengan amat jelas,” beber Lijnders.

Pertandingan Liverpool berikutnya adalah menghadapi sesama tim Premier League di babak empat Piala Liga Inggris di Anfield, Kamis (29/10/2015).