Kans Bianconeri Kembalikan Gengsi juga sebagai Juara Bertahan

 Kans Bianconeri Kembalikan Gengsi juga sebagai Juara Bertahan

Meski berstatus sebagai juara bertahan Serie A, Juventus sejauh ini justru gagal bersaing di papan atas. Kesempatan untuk mengembalikan harga diri sebagai pemegang titel hadir di laga melawan Bologna.

Perjalanan Juve di Serie A musim ini jauh dari kata mengesankan. Sampai liga berjalan enam pekan, La Vecchia Signora cuma meraih satu kemenangan.

Sisanya, Juve mencatat dua hasil imbang dan sudah tiga kali kalah. Terakhir, Gianluigi Buffon dkk. dikalahkan Napoli dengan skor 1-2. Cuma mengumpulkan lima poin, Juve pun masih terdampar di peringkat ke-15.

Akhir pekan ini, Juve punya kans untuk mengembalikan gengsi mereka sebagai tim juara bertahan. Pasukan Massimiliano Allegri itu akan menjamu Bologna di Juventus Stadium, Minggu (4/10/2015) malam WIB.

Usai meraih kemenangan atas Sevilla di Liga Champions, Juve tentu ingin ‘menularkan’ hasil tersebut di liga serta memaksimalkan momentum. Menilik catatan statistik serta laju Bologna yang sedang buruk –cuma satu kali menang dan lima kali kalah—, Juve punya peluang untuk kembali ke jalur kemenangan di liga.

Berikut adalah data dan fakta dari laga antara Juve dan Bologna seperti dirangkum Opta:

– Juventus memenangi empat pertemuan terakhir di Serie A melawan Bologna, mencatat clean sheet di tiga pertandingan terakhir.’

– Bianconeri cuma kalah satu kali dalam 25 laga terakhir di liga melawan Bologna (W16).

– Sebelum kalah 0-1 di lawatan terakhirnya ke Juventus Stadium, Bologna mencetak gol di sembilan kunjungan terakhir ke kandang Juve di liga.

– Juventus sudah kalah tiga kali dari enam pertandingan pertama di musim ini, sesuatu yang belum pernah terjadi pada The Old Lady di Serie A sejak 1987/1988.

– Juve cuma mencatat satu kemenangan dalam tujuh pertandingan Serie A untuk pertama kali sejak Maret 2012, tapi pada saat itu mereka tidak terkalahkan (W1 D6).

– Juventus tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan terakhirnya di kandang. Ini adalah kali pertama mereka gagal memenangi tiga laga kandang secara beruntun di Serie A sejak bermain di Juventus Stadium.

– Bologna menelan paling banyak kekalahan di Serie A sejauh ini (lima).

– Bologna adalah satu dari dua tim (bersama Genoa) yang belum meraih poin di laga tandang musim ini.

– Bologna adalah satu-satunya tim yang belum pernah mencetak gol setelah jeda, sementara Juventus mencetak gol paling sedikit sebelum turun minum (satu kali).

– Paul Pogba adalah satu-satunya pemain di Serie A musim ini yang mengenai tiang dua kali.

– Di antara striker-striker Serie A saat ini yang sudah mencetak paling tidak satu gol, Robet Acquafresca adalah yang paling lama paceklik gol (38).