Menanti Tangan Dingin Klopp

Menanti Tangan Dingin Klopp

JURGEN Klopp akan melakoni debut menangani Liverpool di pertandingan melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane pada Sabtu 17 Oktober 2015. Pelatih berkebangsaan Jerman tersebut dituntut bisa meraih hasil maksimal, meskipun hal itu tidak mudah karena sang calon lawan adalah tim sekaliber The Lilywhites.

Adapun Gerrard Houllier yang menjadi satu-satunya pelatih Liverpool yang memenangi pertandingan debutnya di klub pada 1998 saat melawan Southampton. Sejak saat itu tak ada lagi arsitek anyar The Reds yang berhasil membawa pasukannya meraih hasil sempurna di Premier League. Itu menjadi tekanan tambahan buat Klopp.

Belum lagi dengan fakta melempemnya Liverpool jika melakoni partai tandang. Dari sembilan pertandingan tandang terakhir di Premier League, Simon Mignolet dan kawan-kawan hanya satu kali meraih kemenangan yakni saat mengalahkan Stoke City dengan skor 0-1 pada 9 Agustus 2015.

Klopp juga harus memutar otak karena Christian Benteke dan Roberto Firmino dipastikan tak bisa bermain di White Hart Lane karena menderita cedera. Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut kemungkinan akan menurunkan duet yang belum padu yakni Danny Ings dan Daniel Sturridge.

Khusus Sturridge, penyerang Tim Nasional Inggris tersebut selalu gagal mencetak gol ke gawang Spurs di empat pertemuan terakhir. Beruntung, dia memiliki duet yang mulai tajam yakni Ings. Penyerang berusia 23 tahun ini menjadi penyelamat Liverpool dari kekalahan saat mencetak gol ke Everton.

Di atas itu semua, Klopp juga dibantu dengan tren positif Liverpool jika menghadapi Spurs. Dari lima pertemuan terakhir kedua tim, The Kop selalu meraih hasil maksimal alias menang, tak peduli bermain di White Hart Lane. Terakhir kali bermain di markas The Lilywhites pada 31 Agustus 2014, Liverpool bahkan menang via skor 0-3.

Saat itu, Liverpool menunjukkan dominasinya sejak menit awal melalui gol menit delapan yang dicetak Raheem Sterling. Meski terus digempur, Liverpool mampu keluar dari tekanan dan mencetak dua gol susulan melalui Steven Gerrard dan Alberto Moreno.

Klopp dipercaya akan membuang formasi tiga bek menjadi empat pemain bertahan. Formulanya adalah 4-4-2, dengan dua fullback yang akan digenjot habis-habisan untuk menyerang serta bertahan, dalam hal ini Nathaniel Clyne dan Moreno. Sementara Lucas akan dipilih untuk melindungi dua bek tengah, sembari ditemani Emre Can. Sedangkan sisi kiri The Reds akan lebih eksplosif dengan adanya Adam Lallana yang bisa mencetak gol dari situasi apa pun.

Perkiraan Formasi

Tottenham Hotspur: Lloris, Davies, Vertonghen, Alderweireld, Walker; Dier, Alli, Lamela, Eriksen, Chadli; Kane.

Liverpool: Mignolet; Moreno, Skrtel, Sakho, Clyne; Lallana, Can, Lucas, MIlner; Sturridge, Ings.