Mourinho Pintar Memanfaatkan Media

Mourinho Pintar Memanfaatkan Media

LONDON – Pelatih Jose Mourinho, tengah menjadi sorotan menyusul hasil minor yang didapatnya bersama Chelsea sejauh musim 2015-2016 berjalan. Tidak hanya menjadi sorotan di atas lapangan, tingkah laku Mourinho di luar lapangan juga kerap menjadi bahan perbincangan.

Usai kekalahan dari Southampton akhir pekan lalu, di depan media The Special One –julukan Mourinho- mengungkapkan timnya memiliki tikus yang selalu membocorkan strateginya kepada pihak lain. Hal ini rupanya menarik perhatian banyak pihak, tak terkecuali mantan gelandang The Blues, Anderson Luís de Souza.

Pemain yang akrab disapa Deco itu tidak heran dengan perilaku yang ditunjukkan Mourinho. Menurutnya, pelatih 52 tahun itu memang terbiasa dan sangat mahir dalam memanfaatkan media ketika ingin mengungkapkan apa yang dirasakannya.

“Mourinho mungkin satu-satunya pelatih yang tahu media dengan sangat baik. Dia menggunakan mereka (media) untuk keuntungan sendiri,” kata Deco, seperti dimuat Goal, Selasa (6/10/2015).

Meski demikian, mantan pesepakbola internasional Portugal itu tidak merasa apa yang dilakukan The Special One buruk. Sebab, ia yakin mantan pelatihnya itu punya maksud khusus dalam semua tingkah lakunya.

“Terkadang dia menggunakan media sebagai alat untuk memotivasi para pemainnya. Saya pikir dia bisa saja melewati batas, tapi dia tentunya tahu apa yang dia lakukan saat bermain dengan media selama ini,” terang Deco.

“Saya ingat ketika kami berada di Porto dan ada rivalitas dengan Benfica. Dia adalah seorang master yang memanfaatkan media dalam cara yang luar biasa,” jelasnya.