Tertinggal Lebih Dulu, Spurs Akhirnya Menang 4-1 atas Sunderland

Tertinggal Lebih Dulu, Spurs Akhirnya Menang 4-1 atas Sunderland

London – Tottenham Hotspur sempat tertinggal lebih dulu dari Sunderland sebelum kemudian bangkit dan menang. Spurs berjaya 4-1 atas Sunderland.

Dalam pertandingan di White Hart Lane, Sabtu (16/1/2016) malam WIB, Sunderland yang di menit-menit sebelumnya lebih banyak dipaksa bertahan mampu unggul lebih dulu lewat gol Patrick Van Aanholt.

Keunggulan Sunderland tidak bertahan lama. Spurs langsung membalas untuk menyamakan skor setelah bola sepakan Christian Eriksen gagal dihalau Lee Cattermole yang coba menghalau.

Di babak kedua, Spurs berbalik unggul lewat Mousa Dembele di menit ke-59. Keunggulan itu bertambah besar setelah Eriksen menjebol gawang Sunderland delapan menit berselang.

Setelah itu Harry Kane ikut mencatatkan nama di papan skor, menyusul eksekusi penaltinya yang sukses di menit ke-79.

Hasil tersebut menyudahi rentetan tanpa kemenangan Spurs di kandang sendiri, setelah sebelumnya seri 2-2 lawan Leicester City di Piala FA lalu kalah 0-1 menghadapi tim yang sama di Premier League.

Tambahan poin penuh turut membuat Spurs dipastikan tidak terusik di posisi empat klasemen dengan 39 poin, sekaligus membayangi Manchester City di peringkat tiga (40 poin). Di bawah Spurs ada West Ham United (35 poin) dan Manchester United (34 poin). City, West Ham, dan MU belum menjalani laga pekan 22.

Sementara itu kekalahan membuat Sunderland masih terpuruk di zona merah. Posisi 19 kini ditempati dengan 18 poin, turun satu posisi karena kalah selisih gol dari Newcastle United yang punya poin setara.

Jalannya Pertandingan

Harry Kane menerima bola di menit ke-5, masih di luar kotak penalti. Usai mencari ruang, ia menembak dan memaksa kiper Jordan Pickford menerjang ke arah kiri untuk menepis si kulit bundar. Semenit sebelum itu Pickford juga masih dapat mengamankan bola hasil sundulan Jan Vertonghen yang mengarah ke gawangnya.

Masih serangan dari Spurs di menit ke-9. Berawal dari sepak pojok dan beberapa usaha tembakan yang masih gagal, bola akhirnya disepak Dele Alli menuju gawang. Tapi arah bola masih melambung dari sasaran.

Kesalahan Mousa Dembele di menit ke-15 membuat Sunderland dapat mengirim umpan terobosan ke lini depan. Tapi tak ada pemain tim tamu yang mengejar, bola pun diamankan dengan mudah oleh kubu Spurs.

Kane mengecoh seorang pemain belakang Sunderland yang coba menekel bola dari kakinya lalu menyepak si kulit bundar dari tepi kotak penalti di menit ke-29. Bola masih diblok bek Patrick Van Aanholt.

Dembele mengawali serangan balik Spurs usai merebut bola dari lawan di menit ke-35, lalu mengoper ke arah kiri, tempat Erik Lamela berada. Si kulit bundar lantas disepak Lamela, walaupun arahnya masih melebar dari sasaran.

Sunderland kemudian menghentak di menit ke-41. Adam Johnson dengan jeli mengirim umpan terobosan untuk dikejar Van Aanholt, yang dari sisi kiri dan sudut cukup sempat kemudian menjebol gawang Spurs.

Spurs langsung merespons praktis dari kick-off. Tendangan Kane masih dimentahkan Pickford, tapi Christian Eriksen lalu memanfaatkan rebound dengan sepakan berikutnya. Lee Cattermole yang coba menghalau cuma bisa menyepak si kulit bundar ke bagian atas dalam gawang Sunderland.

Sunderland melakukan serangan balik cepat di menit ke-53, dengan Johnson menguasai bola. Ia lalu mnegoper ke Jermain Defoe yang mengiringi, walaupun bek-bek Spurs sudah mulai membayangi. Sepakan Defoe pada akhirnya cuma menghantam sisi luar gawang Spurs.

Semenit kemudian sebuah aksi apik Lamela di tepi kotak penalti lawan diakhiri dengan sontekan ke kotak penalti. Bola mengarah ke Alli yang kemudian menanduk bola meskipun arahnya masih tipis melebar dari sasaran.

Pickford kiper Sunderland kembali dipaksa mengamankan gawangnya. Ia menghalau bola sepakan Kane di menit ke-58.

Akan tetapi, semenit berselang Pickford takluk. Sempat sekali lagi melakukan halauan, Pickford kemudian tak kuasa menepis bola sepakan Dembele yang menuju pojok bawah gawangnya meski sudah merenggangkan tubuh.

Di menit ke-67, gawang Sunderland jebol lagi. Eriksen menggiring bola dengan leluasa lalu melepaskan tembakan ke arah gawang lawan. Bola sempat mengenai tubuh Jan Kirchhoff sebelum bersarang di gawang tim tamu.

Wasit menunjuk titik putih setelah Jan Kirchhoff menjatuhkan Danny Rose di kotak penalti. Kane maju untuk menjadi algojo di menit ke-79 dan tidak membuang peluang untuk membuat Spurs menambah keunggulan.

Susunan Pemain

Spurs: Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose, Dier, Dembele (Carroll 80′), Lamela (Onomah 73′), Alli, Eriksen, Kane (Son 87′).

Sunderland: Pickford; Jones, Brown, O’Shea, Van Aanholt, Johnson, Cattermole (Rodwell 53′), M’Vila, Graham (Kirchhoff 58′), Defoe, Lens (Watmore 76′).