Pendek Umur Neville di Valencia

Pendek Umur Neville di Valencia

Pendek Umur Neville di Valencia

Jakarta – Periode kepelatihan pertama Gary Neville tuntas hanya dalam periode sekitar empat bulan. Valencia memberhentikan pelatih asal Inggris itu setelah serangkaian hasil buruk yang didapat.

Keputusan Valencia mengontrak Neville sebagai pelatih pengganti Nuno Espirito Santo di Desember lalu dianggap sebagai kejutan. Meski ketika itu berstatus asisten Roy Hodgson di timnas Inggris, Neville sama sekali belum punya jam terbang sebagai manajer.

Valencia gagal menang di sembilan pertandingan pertama La Liga setelah Neville datang (D5 L4). Dari lima hasil imbang tersebut, empat di antaranya didapat dengan susah payah: mencetak gol penyama mendekati akhir laga.

Salah satu pukulan terbesar untuk Neville adalah saat El Che kalah 0-7 dalam perjamuan terhadap Barcelona di semifinal Copa del Rey. Valencia akhirnya kalah dengan agregat 1-8.

Kemenangan pertama Neville sebagai pelatih baru datang pada pertengahan Februari, saat Valencia melakukan comeback untuk mengalahkan Espanyol 2-1. Hasil laga tersebut sepertinya akan membawa Valencia mengalami peningkatan performa karena dua kemenangan lain berhasil diraih setelahnya. Tapi setelah itu mereka menelan tiga kekalahan lain.

Valencia kini ada di urutan 14 klasemen, cuma terpaut enam angka dari zona degradasi. Padahal saat mulai menangani klub tersebit di awal Desember Valencia tertinggal lima angka di belakang zona Liga Champions.