Suarez Jangan Bikin Kontroversi Lagi

Suarez Jangan Bikin Kontroversi Lagi

Suarez Jangan Bikin Kontroversi Lagi

Montevideo – Mengingat pentingnya Luis Suarez untuk tim nasional Uruguay, ia diminta untuk tidak bertindak aneh-aneh lagi. Sebab, yang rugi bisa timnas Uruguay sendiri.

Kontroversi terakhir Suarez di kancah internasional adalah ketika ia menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada Piala Dunia 2014. Akibat kasus gigitan itu, Suarez mendapatkan hukuman berat.

Komite Disiplin FIFA menjatuhkan hukuman larangan bermain pada 9 laga internasional untuk Suarez. Ia pun tidak bisa ikut serta di sisa laga Uruguay di Piala Dunia 2014. Uruguay kemudian disingkirkan Kolombia di babak perdelapanfinal.

Panjangnya hukuman tersebut juga membuat Suarez tidak bisa ambil bagian di Copa America 2015. Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, pun mengharapkan kontroversi serupa tidak terulang lagi.

“Salah satu keinginan kami adalah membuat dirinya hanya memikirkan sepakbola saja. Tidak boleh ada hal lain yang boleh mengganggunya,” ujar Tabarez seperti dilansir Soccerway.

“Mungkin ini bukan saat yang tepat. Tapi, beberapa situasi serius sudah pernah terjadi sebelumnya. Satu-satunya yang bisa kami harapkan adalah hal itu tidak terjadi lagi.”

“Saya paham bahwa ia adalah pemain yang penting, simbol dari negara ini, tapi dia datang ke sini untuk bergabung dengan sebuah tim.”

“Dia akan menghadapi tim yang paham betul betapa berharganya dia dan mereka akan melakukan apa pun untuk membatasinya. Oleh karenanya, ia harus tetap segar, dia butuh bantuan dan saya tahu itu,” kata Tabarez.

Uruguay akan menghadapi tuan rumah Brasil di Recife, 25 Maret 2016, pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Empat hari setelahnya, mereka akan menjamu Peru di Montevideo pada ajang yang sama.